Traveler, Jangan Memungut Anak Rusa yang Meringkuk Sendirian

Sedang Trending   by: Gungun 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Traveler, ternyata menyentuh atau menyelamatkan anak rusa yang sedang sendirian itu dilarang. Kenapa ya?

Saat jalan-jalan atau trekking di hutan dan menemukan anak rusa meringkuk di bawah pohon atau di bawah semak jangan langsung menolongnya. Mereka bukan sedang ditinggalkan, tetapi memang disembunyikan oleh induknya.

Ya, rusa dewasa dengan bayinya telah mengembangkan cara cerdas untuk mencari makan. Anak-anak rusa masih tidak seimbang berjalan dan memperlambat para dewasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oleh sebab itu, rusa dewasa menyembunyikan bayi mereka di tempat persembunyian. Anak rusa pun adalah ahli dalam menyembunyikan diri.

Bayi dari sebagian besar spesies rusa memiliki bintik-bintik di punggung mereka yang memudar seiring bertambahnya usia, dan ini karena mereka membutuhkannya untuk kamuflase ketika mereka masih muda.

Saat si induk keluar mencari makan, bayinya akan meringkuk dan tidak bergerak. Bayi-bayi baru lahir itu menghabiskan lebih dari 95 persen waktunya bersembunyi dengan cara tersebut.

Pada hewan buruan besar, tindakan itu sebagai salah satu dari dua cara yang dilakukan untuk menjaga agar hewan muda tetap hidup. Yakni, sembunyi seperti rusa atau mengikuti induk ke mana-mana seperti bison dan domba bighorn.

Anak rusa memang memiliki kebiasaan yang lebih santai pada awal kehidupannya, berdiri hanya untuk menyusui induknya sebelum induknya kembali ke ladang untuk mencari makanan.

Induk rusa ingat lokasi menyembunyikan anak-anaknya. Dan, jika anak-anaknya dipindahkan oleh manusia, ada kemungkinan dia tidak akan menemukannya lagi. Memelihara anak rusa dapat secara drastis m...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Gungun
Artikel Travel