Resmikan Smelter Tembaga, Jokowi Ungkap Mimpi Jadikan RI Negara Industri

Sedang Trending   by: Intan Putri 5 hari yang lalu

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya mimpi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri. Selama ini Indonesia menurutnya hanya menjadi konsumen, dengan total 56% PDB adalah konsumsi domestik. Jokowi mau kontribusi industri terhadap PDB bisa makin besar.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat meresmikan pabrik smelter dan pemurnian konsentrat tembaga PT Amman Mineral di Sumbawa Barat, Nusa Tengara Barat (NTB).

"Kita mau menyongsong diri menjadi negara industri maju dengan mengolah sumber daya alamnya sendiri, sehingga tadi kembali GDP growth kita tidak berjuntai pada konsumsi tapi dibalikkan ke produksi, bertumpu pada produksi bukan konsumsi," beber Jokowi dalam peresmian nan disiarkan virtual, Senin (23/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi mengaku ceria Amman Mineral membangun smelter pengolahan konsentrat tembaga. Ini merupakan langkah besar buat sektor industri di Indonesia.

Menurutnya, sebagai negara nan masuk tujuh besar pemilik sumber daya tembaga terbesar, sudah semestinya Indonesia tidak hanya melakukan ekspor konsentrat secara mentah-mentah. Hilirisasi untuk memberikan nilai tambah juga mesti dilakukan.

Orang nomor satu di Indonesia mau Indonesia bisa masuk rantai pasok dunia sebagai pabrikan olahan tembaga besar dunia. Kalau perlu seluruh bumi semestinya bisa berjuntai kepada Indonesia jika butuh tembaga.

"Saya ceria pagi hari ini, kita sebagai pemilik persediaan tembaga masuk 7 besar dunia, kita ini memasuki babak baru dalam hilirisasi industri tembaga. Kita mau produk tembaga bumi ke depan berjuntai kepada negara kita, Indonesia. Apap...

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Intan Putri
Konten Bisnis