Pusingnya Hong Kong, Devil's Fist Terus Diinjak-injak Turis

Sedang Trending   by: Kelvin 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Pihak berwenang Hong Kong dibuat pusing tujuh keliling oleh ulah wisatawan. Situs UNESCO Devil's Fist menjadi bulan-bulanan turis nakal.

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP) pada Kamis (11/7/2024), situs UNESCO Devil's Fist terletak di Sai Kung Geopark, di ujung Bluff Head di Plover Cove Country Park, yang merupakan tempat pendakian populer dan jujugan turis yang berhasrat selfie.

Pelapukan dan erosi pantai menyebabkan terbentuknya batuan dengan bentuk yang khas, terutama Devil's Fist. Bluff Head, Wong Mau Chau, Pulau Jin, Wang Chau dan Pulau Basalt, merupakan bagian utama dari geopark yang dilindungi UNESCO.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Batu karang berusia 400 juta tahun tersebut berada di tepi pantai dan memiliki bentuk tangan mengepal seperti tinju seolah dianggap belum ke Hong Kong kalau belum ke sana.

Turis kerap berfoto di atas batu, memanjat, duduk, atau bergelantungan seperti koala. Hasil penelusuran menunjukkan banyak foto selfie orang yang berdiri atau duduk di atas batu. Padahal, ada peringatan di situs yang mengimbau pengunjung untuk melindungi fitur alam taman tersebut.

Pengelola bukan tidak mengusahakan untuk melindungi situs tersebut.

"Petugas dapat meningkatkan patroli dan edukasi masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan kesadaran pengunjung akan perlunya melindungi alam," kata Eric Keung Siu-lun, pemandu dan manajer proyek di Tai Po Geoheritage Centre.

"Akan lebih efektif jika pemerintah bisa melakukannya melalui media sosial," dia menambahkan.

"Perilaku buruk beberapa wisatawan...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Kelvin
Artikel Travel