PLTU Batu Bara Inggris Tutup, Apa Dampaknya Buat Lingkungan?

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) terakhir di Inggris, Ratcliffe-on-Soar di Nottinghamshire, akhirnya resmi berakhir beroperasi. Ini menjadikan Inggris sebagai negara G7 pertama nan mengakhiri produksi listrik dari batu bara.

Penghentian operasi PLTU batu bara ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Inggris untuk menyetop penggunaan tenaga batu bara nan telah dicanangkan nyaris satu dasawarsa lalu.

Penutupan ini menandai berakhirnya 142 tahun sejarah penggunaan batu bara di Inggris nan dimulai ketika pembangkit listrik tenaga batu bara pertama di dunia, PLTU Holborn Viaduct pada 1882.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penghentian PLTU terakhir di Inggris ini mendapat sambutan positif dari sejumlah pihak, termasuk para aktivis lingkungan nan menyebutnya sebagai pencapaian besar bagi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon Inggris.

"Penutupan Ratcliffe hari ini menandai berakhirnya sebuah era dan para pekerja batu bara dapat merasa bangga dengan pekerjaan mereka nan telah memberi daya pada negara kita selama lebih dari 140 tahun. Kita berhutang budi kepada beberapa generasi sebagai sebuah negara," kata Michael Shanks, Menteri Energi Inggris, mengutip

Selengkapnya
Sumber Artikel Teknologi
Author  Dayak Santoso
Artikel Teknologi