Paus Fransiskus Tinggalkan Bandara Menumpang Innova Zenix Putih

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 03 Sep 2024 11:55 WIB

Pemimpin kepercayaan Katolik seluruh bumi dan kepala negara Vatikan Paus Fransiskus meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia, usai mendarat. Paus Fransiskus tinggalkan Bandara Soetta menumpang Innova Zenix putih. (REUTERS/Willy Kurniawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin kepercayaan Katolik seluruh bumi dan kepala negara Vatikan Paus Fransiskus meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia, usai mendarat.

Paus dan rombongan mendarat di airport sekitar pukul 11.25 WIB. Setelah upacara penyambutan, dia langsung meninggalkan airport menggunakan mobil biasa Innova Zenix warna putih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mobil itu dilengkapi plat nomor SCV1 dan tampak bendera Indonesia dan Vatikan.

Setelah dari bandara, Paus langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta untuk beristirahat. Kedubes sekaligus menjadi tempat menginap pemimpin kepercayaan Katolik ini.

Usai keluar dari pesawat Paus menuju ruang VVIP di terminal 3. Di sana, dia disambut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Piero Pioppo, dan Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Gandi Sulistiyanto.

Tampak pula Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Antonius Subianto Bunyamin, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan.

Paus terbang dari Roma, Italia pada hari sebelumnya, Senin. Dia bakal berada di Indonesia selama tiga hari ialah pada 3-6 September.

Pada 4 September, Paus bakal menemui Presiden Indonesia Joko Widodo dan sejumlah tokoh kepercayaan di Istana Merdeka, Jakarta.

Di hari itu pula, Paus bakal menghadiri pertemuan dengan murid-murid sekolah lati Scolas Occurentes di Grha Pemuda, Jakarta.

Kemudian pada 5 September, Paus bakal berjamu ke Masjid Istiqlal dan instansi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Dia juga bakal menghadiri Perayaan Ekaristi di Gelora Bung Karno (GBK).

Usai dari Indonesia, Paus bakal melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini, lampau ke Timor Leste hingga Singapura.

Paus Fransiskus merupakan Paus ketiga nan berjamu ke Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan Paulus VI pada 3-4 Desember 1970 dan Paus Santo Yohanes Paulus II pada 9-14 Oktober 1989.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Artikel Internasional
Author  Dewi Lestari
Artikel Internasional