Orang Utan Setinggi Rumah Dikatakan Dipengaruhi Angle Kamera

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Orang utan yang terlihat begitu besar membuat geger dunia maya. Dikatakan bahwa penampakannya yang demikian dipengaruhi oleh faktor perspective kamera.

Sebuah video memperlihatkan orang utan berukuran hampir setinggi rumah berkeliaran di permukiman warga yang diduga di Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim menyebut orang utan itu tampak besar lantaran dipengaruhi perspective pengambilan video.

"Lihat perspective videonya, itu kan di ambil dari bawah, kemudian juga rumah itu kita tidak tau jaraknya seperti apa. Jadi itu karena perspective aja sih pengambilan videonya juga cukup bagus. Kesannya jadi besar," ucap Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto kepada detikcom, Senin (8/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ari mengatakan orang utan yang tertangkap kamera warga itu merupakan urang utan berjenis kelamin jantan dan merupakan pejantan yang cukup senior. Meski demikian, Ari tak memungkiri orang utan jantan asli Kalimantan dapat tumbuh hingga mencapai 2 metre melebihi orang dewasa.

"Ya ada yang sampai 100 kilogram, kalau berdiri ada yang sampai 1,5 metre dan 2 metre itu ada. Ya sepantaran orang dewasa. Tapi di video itu dia kan berdiri, kalau biasa dia di tanah kan jongkok jadi enggak keliatan tingginya. Kalau di video itu dia berdiri karena meraih cabang pohon jadi kesannya besar dan tinggi," ungkapnya.

Saat ini pihak BKSDA Kaltim masih melakukan pencarian terhadap orang utan tersebut. Ari mengaku pihaknya kesulitan lantaran hanya berdasarkan sumber informasi yang viral di media sosial.

"Kita belum memastikan lokasinya itu ada di mana apakah di Kalimantan Timur, Kalbar, ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Joko Sanjaya
Artikel Travel