Observatorium Bosscha Terganggu Lampu Sorot Pusat Hiburan

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung Barat, terganggu polusi cahaya yang parah, terutama imbas lampu sorot pusat hiburan di malam hari. Peneropongan langit pun terhalang.

"Saat ini, lampu sorot melumpuhkan pengamatan bintang di Observatorium Bosscha," keterangan Observatorium dalam unggahannya di Instagram, Senin (15/7/2024) dan dikutip Selasa (15/7).

"Lampu sorot dari salah satu pusat hiburan masyarakat di kawasan Lembang membuat pengamatan bintang di Observatorium Bosscha lumpuh," keterangan lanjutan, tanpa memerinci pusat hiburannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bosscha mengunggah efek lampu sorot yang terjadi pada Sabtu (13/7) itu terhadap hasil peneropongan di All Sky Camera dan teleskop.

Tampak lampu sorot mendominasi tangkapan instrumen dan mengakibatkan hampir keseluruhan information pengamatan yang diambil dari teleskop tidak bisa digunakan.

"Lampu sorot mengkontaminasi tangkapan instrumen pengamatan, mengakibatkan hampir keselurahan information pengamatan yang diambil dari teleskop tidak bisa digunakan," keterangan Bosscha.

[Gambas:Instagram]

Observatorium yang sudah berusia lebih dari seabad itu juga menyebut cahaya kota Lembang pada dasarnya sudah semakin mengancam pengamatan bintang.

"Polusi cahaya sebenarnya bukan saja ancaman bagi astronomi. Polusi cahaya adalah 'bencana' yang tidak kita sadari," keterangan Bosscha.

Menurut riset International Dark Sky Organisation penghematan energi hingga energi 60 hingga 70 persen bisa dilakukan jika bijak mengatur penerangan luar.

"Observ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel