Museum Tersembunyi di Jaksel: Banyak Senjata dan Pendiri Tewas Mengenaskan

Sedang Trending   by: Kelvin 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Seakan tengah menikmati kesunyian, depository seni di jalan Keuangan Raya nomor 19 Cilandak, Jakarta Selatan itu terlihat tenang. Letaknya cukup tersembunyi di sebuah jalanan komplek yang sepi.

Tak seperti Museum Affandi di Sleman yang sengaja saya kunjungi karena letaknya kasatmata di tepi jalan raya utama, saya mengunjungi Museum Basoeki Abdullah murni karena kebetulan belaka.

Waktu itu saya tengah menghadiri sebuah acara kepenulisan di sebuah kafe rumahan, dan Museum Basoeki Abdullah berada persis di sebelahnya. Rupanya depository ini dibangun di samping rumah asli rumah sang pelukis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak heran bila letaknya demikian tersembunyi. Museum Basoeki Abdullah tak hanya menyimpan koleksi lukisan sang maestro lukis Indonesia beraliran realis dan naturalis ini saja, tetapi juga memamerkan koleksi pribadinya, antara lain senjata!

Tidak disangka bukan, bila seniman besar itu ternyata juga seorang kolektor senjata?

Museum ini berdiri atas wasiat Basoeki Abdullah sebelum meninggal dunia pada 5 November 1993. Ia menghibahkan rumah berikut lukisan dan koleksi pribadinya kepada pemerintah.

Museum ini kemudian didirikan pada tahun 2001 dan dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya digunakan untuk pameran, depository ini juga dimanfaatkan untuk menggelar seminar, penelitian, lokakarya serta menerbitkan berbagai bentuk publikasi seperti katalog, biografi, kumpulan artikel dan hasil penelitian.

Uniknya, depository ini terdiri dari dua bangunan berbeda. Bangunan pertama berupa bangunan lama yang tetap dipertahankan keasliannya sebagai warisan budaya, yang merupakan kediaman Sang...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Kelvin
Artikel Travel