Melihat Sumber Air yang Akan Dipakai Jokowi di IKN

Sedang Trending   by: Gungun 2 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menunda kepindahan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara imbas belum adanya kesiapan air bersih.

"Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

Padahal, Jokowi mulanya disebut bakal pindah ke IKN pada Juli 2024 ini. Sang Kepala Negara dikatakan bakal berkantor di ibu kota anyar tersebut, menjelang Upacara HUT Indonesia ke-79.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di lain sisi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyinggung bahwa Juli 2024 tetap panjang. Ia pun mengatakan air sudah mulai mengalir di station namalain area tertentu sejak pertengahan Juli 2024.

Lantas, dari mana sebenarnya sumber air di IKN?

Air bersih di IKN disiapkan dalam corak Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku. Proyek ini digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Pada akun IG @adhikaryaid, IPA Sepaku disebut sebagai tonggak krusial pemenuhan air bersih di IKN Nusantara. Nantinya, air minum untuk Jokowi dan para pejabat lainnya bakal diambil dari sumber tersebut.

"Pada tahap pertama, dibangun IPA berkapasitas 300 liter per detik nan diambil dari intake Sungai Sepaku," tulis unggahan tersebut, Sabtu (20/7)....

Selengkapnya
Sumber Artikel Teknologi
Author  Gungun
Artikel Teknologi