Koalisi Besar Prabowo di Parlemen, Mungkinkah Ada Perbaikan DPR Baru?

Sedang Trending   by: Intan Putri 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 580 orang resmi dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 pada Selasa (1/10).

Dari 580 personil DPR nan dilantik, PDIP kembali menjadi partai dengan perolehan bangku paling banyak. Partai Banteng itu meraih bangku sebanyak 110.

Posisi kedua diikuti oleh Golkar nan merengkuh sebanyak 102 kursi. Kemudian Gerindra berada di posisi ketiga dengan memperoleh sebanyak 86 kursi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

NasDem berada di posisi keempat dengan raihan bangku sebanyak 69 nan dibuntuti langsung oleh PKB dengan perolehan bangku sebanyak 68.

Hasil raihan bangku tersebut membikin PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB mempunyai kewenangan untuk menduduki bangku ketua DPR di periode 2024-2029. Komposisi bangku ketua DPR sekarang pun tak mengalami perubahan dibandingkan DPR periode 2019-2024.

Dikutip dari keterangan resmi KPU, dari 580 personil DPR, 370 personil nan dilantik merupakan wajah lama nan sebelumnya sudah pernah menjabat.

Mereka di antaranya ada Prananda Surya Paloh, Yasonna Laoly, Ahmad Sahroni hingga Edhie Baskoro Yudhoyono.

Sementara, 210 bangku DPR lainnya diisi wajah baru dan juga artis. Mereka di antaranya ada Once Mekel, Uya Kuya, Melly Goeslaw, Verrel Bramastya hingga Denny Cagur.

Lantas, apa nan dapat diharapkan dari 580 personil DPR nan dilantik pada hari ini? Akankah perbaikan kegunaan pengawasan, anggaran, dan legislasi dapat terjadi?

Direktur Ek...

Selengkapnya
Sumber Artikel Teknologi
Author  Intan Putri
Artikel Teknologi