Kesetaraan Gender di Bea Cukai: Terjunkan Wanita Tangguh buat Patroli Laut

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 5 hari yang lalu

Karimun -

Patroli laut nan kebanyakan dilakukan oleh satgas pria, di Kepulauan Riau justru diisi oleh wanita tangguh. Para wanita nan tergabung dalam tim Ladies Squad Marine Customs tersebut merupakan buatan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau untuk mencegah penyelundupan peralatan ilegal.

Komandan Patroli (Kopat) Ladies Squad Marine Customs, Ema Susanti mengatakan timnya dibentuk pada 29 Maret 2022 dengan semangat pengarusutamaan kelamin dengan menjalankan salah satu kegunaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai community protector. Kemudian dalam rangka mewujudkan hospitality dalam pengawasan patroli laut, maka dibentuklah Ladies Squad Marine Customs.

"Ladies squad itu nan melatarbelakanginya tahun 2019 itu pernah ada penindakan tapi penindakannya pada saat kita tindak, itu ada kru kapal salah satunya perempuan. Jadi pada saat melakukan pemeriksaan kita tidak bisa melakukan pemeriksaan segera di laut," tutu Ema kepada detikcom beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena satgas nan menindak pada saat itu adalah laki-laki. Sementara pada patokan pemeriksaan badan, itu kita kudu merujuk kepada peraturan. Jadi kita belum melakukan pemeriksaan di laut, kita baru bisa melakukan pemeriksaan saat kapal sudah di darat," sambungnya.

Srikandi Bea Cukai Foto: detikcom/Moch Prima Fauzi


Sebagai komandan patroli, Ema kudu memastikan personil nan seluruhnya wanita agar sela...

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Dayak Santoso
Konten Bisnis