Kemenkeu Beberkan 4 Strategi Pembangunan Daerah di Era Prabowo

Sedang Trending   by: Taufik 4 hari yang lalu

Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan arah strategi pembangunan wilayah nan bakal dijalankan pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto di 2025. Hal ini dinilai menjadi tonggak untuk mencapai visi Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan strategi kebijakan fiskal 2025 dirancang tetap adaptif dan tangkas dalam mengimplementasikan prioritas dan program pembangunan nasional nan baru.

"Tahun 2025 bakal menjadi tahun pertama pemerintahan baru kita di bawah Presiden Prabowo. Jadi ketika kita berbincang tentang kebijakan fiskal ini, kebijakan tersebut kudu dirancang agar tetap adaptif dan tangkas dalam mengimplementasikan prioritas dan program pembangunan nasional nan baru," kata Luky dalam Seminar Internasional Desentralisasi Fiskal 2024 di Gedung Djuanda Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setidaknya ada empat strategi pengembangan wilayah di bawah pemerintahan Prabowo. Strategi pertama adalah perubahan orientasi dari pembangunan berbasis nasional, menjadi pertumbuhan ekonomi berbasis daerah.

"Pertama adalah gimana kita mengembangkan strategi pembangunan daerah, sebelumnya kita berfokus pada strategi pembangunan nasional," tutur Luky.

Luky menyebut perubahan orientasi pembangunan ini banget krusial lantaran Indonesia adalah negara nan besar. Menurutnya, pemerintah kudu menggali potensi masing-masing daerah. Setelah mengetahui potensi masing-masing daerah, menjadi tugas DJPK Kemenkeu untuk menyiapkan instrumen fiskal guna mendorong potensi tersebut.

"Itulah sebabn...

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Taufik
Konten Bisnis