Kabar Menjanjikan, Bali Punya MRT pada 2028

Sedang Trending   by: Intan Putri 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Perencanaan pembangunan Bali Urban Rail, mencakup wide accelerated transit (MRT), terus dimatangkan. Groundbreaking pada September 2024 dan MRT tahap 1 rampung pada 2028.

Rencana groundbreaking dan target MRT Bali itu dirapatkan bersama antara pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten bersama PT Sarana Bali Dwipa Jaya (SBDJ).

"Untuk target penyelesaian trase di Badung, karena (proyek) bertahap. Tahap pertama ditargetkan mudah-mudahan 2028 bisa selesai," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa seperti dikutip dari detikBali, Rabu (17/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adi menyebut dalam rapat pemaparan pada Senin (15/7) itu ditegaskan proyek berupa MRT tidak hanya diyakini bisa menjadi solusi permasalahan transportasi di Bali saat ini. Bersama dengan pembangunan MRT itu, juga dibangun pusat perdagangan.

"Ini meminimalisasi pemanfaatan lahan di permukaan. Sehingga Bali tetap seperti sekarang. Wilayah kita terbatas, kecil, kalau semua dieksploitasi kan kita kehilangan jati diri. Panorama yang ada sekarang tidak hilang," kata Adi.

PT SBDJ akan mengumumkan investor proyek Bali Urban Rail pada pekan ketiga Juli ini. Ada tiga dari empat konsorsium yang berpotensi terpilih menjadi investor Bali Urban Rail yang masih diklarifikasi PT SBDJ.

Investor diminta melakukan finalisasi perjanjian dalam waktu dua bulan sebelum dilakukan pengerjaan fisik Bali Urban Rail. Di sisi lain, Adi tak menjabarkan nilai investasi dari proyek subway ini.

"Ya cukup besar lah. Berapa-berapa itu (nilai investasi) supaya tidak salah. nan paling penting sudah mulai ada investor yang tertarik dengan ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Intan Putri
Artikel Travel