Jokowi Targetkan Ekonomi Tumbuh 6-7% Agar RI Jadi Negara Maju 2045

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Visi Indonesia Emas 2045 telah ditetapkan secara resmi melalui Undang-undang (UU) Nomor 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045. Ini bakal menjadi pedoman pemerintah untuk menyusun program-program strategis.

UU tersebut baru saja diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 September 2024 lalu. RPJPN disusun selama 20 tahun sekali, RPJPN sebelumnya bakal lenyap masanya pada Desember tahun ini.

Dalam lampiran UU tersebut, dilihat Jumat (20/9/2024), transformasi ekonomi secara berjenjang bakal mengubah struktur ekonomi Indonesia dari nan berbasis komoditas berbobot tambah rendah, menjadi industri nan berbobot tambah tinggi didukung oleh teknologi dan inovasi, sehingga lebih produktif, efisien, dan berkekuatan saing tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agenda hilirisasi industri tetap direncanakan untuk dilakukan hingga 20 tahun ke depan. Perekonomian bakal beranjak dari berbasis kelebihan komparatif menuju kelebihan kompetitif, dari aktivitas ekonomi ekstraksi menuju kepada aktivitas ekonomi berbobot tambah.

Dalam transformasi ekonomi nan bakal dijalankan terdapat sasaran besar nan kudu dicapai oleh Indonesia dalam rangka mengejar ketertinggalan untuk menjadi negara maju berpendapatan tinggi. Pertama, pencapaian pertumbuhan ekonomi berkepanjangan rata-rata sebesar 6-7%, menciptakan komposisi kelas menengah menjadi 80%, dan melakukan transisi daya dengan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 70% pada 2045.

"Dalam transformasi ekonomi terdapat sasaran besar nan kudu dicapai oleh Indonesia dalam rangka mengejar ketertinggalan untuk menja...

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Dewi Lestari
Konten Bisnis