Jokowi Cerita RI Dapat Keuntungan di Tengah Panasnya Geopolitik Dunia

Sedang Trending   by: Gungun 4 hari yang lalu

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka-bukaan soal untung nan didapatkan Indonesia di tengah panasnya situasi geopolitik dunia. Di tengah ribut-ribut dunia, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan agenda industrialisasi.

Jokowi bilang, setiap Indonesia mau melakukan hilirisasi pada suatu komoditas strategis, banyak negara maju nan memprotes. Hal ini terjadi pada saat Indonesia menyetop ekspor nikel untuk diolah di dalam negeri dan tidak bisa diekspor mentah lagi pada 2019.

Akan tetapi, protes mereda ketika situasi geopolitik bumi memanas. Banyak negara maju nan sibuk mengurus masalahnya sendiri, sehingga Indonesia bisa lebih leluasa untuk melakukan industrialisasi tanpa ada tekanan dari negara maju.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untungnya ada geopolitik global, ada COVID-19, ada resesi ekonomi, sehingga negara maju sibuk dengan masalah mereka miliki. Sibuk sama problem mereka dan melupakan kita," ujar Jokowi saat meresmikan smelter bauksit Mempawah, Selasa (24/9/2024).

Di tengah protes nan mereda itu, hilirisasi lancar dilakukan Indonesia. Selain nikel, tembaga dan bauksit pun ikut diolah di dalam negeri dan dilarang diekspor mentah. Ketika tembaga dan bauksit dilarang ekspor, protes tak terjadi lagi.

"Ini lah kesempatan kita untuk bangun industri dan smelter dari mineral mineral nan kita miliki, dan tidak ada nan ganggu. Meskipun empat tahun lampau kita setop nikel Uni Eropa membawa kita ke WTO. Tapi setelah itu nggak ada, bauksit disetop nggak ada nan komplain dan menggugat, tembaga juga kita setop juga nggak ada nan gugat, lantaran mereka sibuk sama masalah y...

Selengkapnya
Sumber Konten Bisnis
Author  Gungun
Konten Bisnis