Jejak Seni Henk Ngantung di Museum Seni Rupa dan Keramik

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 5 hari yang lalu

Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta (1964-1965) Hendrik Joel Hermanus Ngantung atau Henk Ngantung meninggalkan jejak seni. Karya-karyanya tersimpan di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta Barat.

Terdapat sekitar 11 karyanya yang dipertontonkan dalam depository ini, karya sketsa yang ia buat itu menggambarkan peristiwa-peristiwa bersejarah di masa lampau. Edukator Museum Seni Rupa dan Keramik, Dimas, mengatakan di masa lalu karena keterbatasan ahli foto, menjadi dokumentasi peristiwa salah satunya menggunakan sketsa atau lukisan.

"Sketsa ini juga dijadikan dokumentasi karena di masa itu untuk fotografi atau tukang foto memang masih terbatas, jadi makanya dokumentasi bisa kita dapatkan melalui lukisan, gambar, bisa melalui sketsa seperti ini," kata Dimas kepada detikTravel, Selasa (24/9/2024) di lokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu karyanya adalah sketsa peristiwa Perjanjian Linggarjati tahun 1946. Saat itu, dia bergabung bersama wartawan dalam menyaksikan peristiwa itu.

Dimas menjelaskan kembali karya lain dari Henk Ngantung seperti sketsa Patung Pembebasan Irian Barat yang kini patung tersebut berdiri tegak di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

"Kita juga ini ada sketsa karya beliau salah satunya adalah sketsa dari Patung Pembebasan Irian Barat yang ada Lapangan Banteng. Pertama beliau membuatnya, baru disetujui oleh Presiden Soekarno, setelah di-acc makanya ada tulisan acc itu bahwa memang sudah bisa dibuat patungnya," ujar Dimas.

"Sampai sekarang ini patungnya sudah berdiri megah di Lapangan Banteng," dia menambahkan.

Sebelum menjadi seorang gubernur, Henk Ngantung memang sudah aktif...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dewi Lestari
Artikel Travel