Ini Penyebab Bahasa Belanda Tidak Populer di Indonesia meski Dijajah Lama

Sedang Trending   by: Dewi Lestari 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Indonesia dijajah oleh bangsa Belanda dalam rentang waktu yang lama. Kendati dijajah ratusan tahun, bahasa Belanda tidak begitu populer di semua kalangan masyarakat Indonesia.

Penggunaan bahasa Belanda di Indonesia berbeda dengan bahasa Inggris di bekas jajahan Inggris, seperti di Malaysia dan Singapura. Warga Malaysia dan Singapura terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Sementara itu, bahasa Belanda bertahan di Indonesia sebagai kata serapan, seperti gordijn menjadi gorden, bioscoop menjadi bioskop, hingga kantoor menjadi kantor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ternyata, perbedaan perkembangan bahasa di negara jajahan dipengaruhi perbedaan corak kolonialisme Belanda dan Inggris. Ya, Inggris sengaja melakukan 'invasi' kultural Barat ke masyarakat Melayu sehingga kebudayaan lokal membaur dengan kebudayaan barat atau bahkan menghilang.

Di sektor bahasa, kebijakan ini membuat orang melayu cukup pandai berbahasa Inggris.

Sementara itu, Belanda tidak melakukan itu kepada penduduk Indonesia. Peneliti sejarah dari Nanyang Technological University, Christopher Reinhart, menjelaskan bahwa ada dua alasan Belanda yang membuat Belanda 'luntur' di Indonesia. termasuk mengakibatkan tingkat kefasihan bahasa Belanda di masyarakat Indonesia rendah.

Pertama, soal struktur kolonialisme Belanda. Saat itu, masyarakat lokal dan orang Belanda berada di struktur berbeda. Orang Belanda di kelas paling atas, sedangkan penduduk lokal berada di paling bawah.

Orang Belanda menganggap menyebarkan kebudayaan serupa dengan menganggap penduduk lokal dan orang Belanda setara secara kultural. Mereka pun tidak mau membagikan ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dewi Lestari
Artikel Travel