Eksotisnya De Djawatan, Hutan 'Lord of The Rings' dari Banyuwangi

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Traveler yang menonton Lord of The Rings pasti tidak akan asing dengan hutan di Bayuwangi ini. Sekilas, De Djawatan mirip dengan Hutan Fangorn, tempat tinggal suku Ents, atau manusia pohon.

Di Bayuwangi, De Djawatan diisi oleh pohon trembesi berukuran raksasa yang dirambati tumbuhan epifit yang unik, hingga membuat pemandangan hutan tampak eksotik. Hutan wisata ini berlokasi di Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Hutan yang menjadi tempat tumbuhnya koloni trembesi raksasa seluas 3,8 hektar merupakan milik Perhutani Banyuwangi.

Ketika berada di antara ratusan pohon trembesi tua berdiameter sekitar dua metre itu, saya merasa seperti tengah terdampar di sebuah negeri yang hanya ada dalam buku cerita. Keindahannya terasa magis, misterius, dan terasa tidak nyata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tanaman epifit yang memenuhi dahan, ranting dan batang pohon trembesi berupa kelompok pakis dan benalu, membuat pepohonan terlihat seperti raksasa berbulu. Terlebih pada saat angin bertiup kencang, dan ditambah dengan sedikit imajinasi.

De Djawatan berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Banyuwangi, memiliki koleksi sebanyak 805 pohon trembesi yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Hal ini mengindikasikan bahwa usia pepohonan raksasa di tempat ini sudah melebihi seratus tahun.

Meskipun menyimpan keindahan alami yang luar biasa, tetapi sebelum dibuka sebagai kawasan wisata, De Djawatan hanyalah lokasi tempat penimbunan kayu hasil pengelolaan hutan saja. Beruntung, pohon-pohon trembesi unik ini tidak ikut ditebang, bahkan tetap terpelihara hingga kini.

Dengan tumpukan daun kering yang tebal di sepanjang jala...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Nadia Fitriani
Artikel Travel