Cucu Mak Erot: Hati-hati dengan Praktisi Kebugaran Pria Abal-abal

Sedang Trending   by: Intan Putri 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Meskipun telah tiada di tahun 2008 silam Mak Erot, pakar pengobatan tradisional kebugaran pria telah mewariskan kemampuannya kepada anak dan cucunya. Konon, hanya ahli waris asli yang menguasai kemampuan tersebut, penggunaan tanaman obat, praktik spiritual, dan metode penyembuhan melalui pijatan khas.

Baban Saepudin misalnya, ia adalah cucu dari Mak Erot, ia pernah menjadi asisten langsung Mak Erot di tahun 90 - 2000-an kala melakukan perjalanan pengobatan atas undangan sejumlah pasien di beberapa kota besar di Indonesia. Ia mengisahkan banyaknya warga Indonesia yang terjebak dengan praktik Mak Erot abal-abal.

"Abal-abal di sini maksudnya yang menjual nama Mak Erot padahal bukan. Pada praktiknya mereka ini menggunakan bahan kimia, suntikan hingga alat vakum untuk memenuhi keinginan mereka yang datang. Ini sebenarnya salah, karena mereka yang mewarisi kemampuan nenek saya itu tidak pernah pakai kimia atau alat, semuanya alami dengan pijatan dan bahan herbal," tutur Baban saat ditemui detikcom di kediamannya, Kampung Cigenteng, RT 01 RW 07, Desa/Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Baban menceritakan pengalamannya kerap didatangi korban yang mengaku telah mendatangi Mak Erot namun hasilnya tidak memuaskan. Saat dicek oleh Baban, ternyata yang didatangi orang tersebut bukanlah praktisi pengobatan alat captious Mak Erot asli yang diwarisi keturunannya. Baban menyebut nama salah satu kota di Jawa Tengah.

"Ia di daerah Jawa Tengah, yang datang ini mengaku menjalani pengobatan tradisional yang katanya asli, namun hasilnya malah tidak karu-karuan, bengkak kemudian luka. Ini tentu berbahaya ka...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Intan Putri
Artikel Travel