Batuan Aneh Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana, Diduga Usianya 10 Ribu Tahun

Sedang Trending   by: Dayak Santoso 2 bulan yang lalu

Karawang -

Batuan aneh ditemukan di Pegunungan Sanggabuana, Karawang Diperkirakan usia batuan itu menembus 10 ribu tahun.

Batuan berusia ribuan tahun itu ditemukan oleh Tim Sanggabuana Javan Gibbon Expedition (SJGE) dari Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) di wilayah Pegunungan Sanggabuana, Kabupaten Karawang.

Ketua Tim SGJE Komarudin menuturkan, bebatuan tersebut ditemukan di wilayah Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, tepat di kaki Pegunungan Sanggabuana, saat sedang mendata populasi Owa Jawa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Temuan bebatuan unik dan aneh ini dilaporkan oleh tim ekspedisi, pada Minggu 4 Agustus 2024. Batu-batu unik ini ditemukan di sebuah gubuk di sebuah sawah di pinggiran hutan di kawasan hutan Pegunungan Sanggabuana," kata Komarudin saat ditemui detikJabar, di Markas SCF, Puncak Sempur, Karawang, Selasa (6/8/2024).

Bebatuan berbentuk bulat pipih, dan berbentuk guci ini, ditemukan tertanam di dekat saung-saung. Beberapa di antaranya bahkan sudah dipakai sebagai tatakan tiang atau umpak saung oleh petani sekitar.

"Bebatuan itu tertanam di sekitar saung lereng gunung, beberapa sudah dipakai umpak tinag, ada juga yang dipakai untuk tatakan batu asahan arit petani, dan sebagian dipakai untuk tempat duduk mereka. Beberapa batu berserakan di halaman dan disusun untuk pondasi tanah halaman gubuk," kata dia.

Setelah ditelaah, Komarudin menuturkan, beberapa batu tersebut ini berdiameter sekitar 40 centimeter, dan ada yang berbentuk bulat pipih, sedangkan yang paling kecil berdiameter 15 centimeter dengan ketebatalan rata-rata 8 centimeter.

"Hal yang unik dan aneh dari ...

Selengkapnya
Sumber Artikel Travel
Author  Dayak Santoso
Artikel Travel