Apa Saja yang Beda dari Desain Baru Paspor Indonesia Warna Merah?

Sedang Trending   by: Intan Putri 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Paspor Indonesia dengan kreasi baru telah diluncurkan Imigrasi pada Sabtu (17/8). Paspor Indonesia sekarang bersampul merah, setelah sebelumnya berwarna hijau.

Peluncuran kreasi baru paspor Indonesia digelar di Hotel Kempinski Indonesia dengan diresmikan langsung Menkumham Yasonna Laoly. Kendati telah diluncurkan, kreasi baru paspor Indonesia baru mulai bertindak pada 2025.

Melihat kreasi baru paspor Indonesia, terdapat sejumlah perbedaan dari sebelumnya. Bukan hanya warna sampul, tapi juga fitur keamanan dari paspor tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu, apa saja nan berbeda dari paspor Indonesia kreasi baru ini?

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim, warna nan digunakan pada kreasi baru pada paspor Indonesia punya nuansa merah dan putih, menggantikan nuansa warna hijau kebiruan pada kreasi lama paspor.

Silmy menelaskan, pada setiap lembar isi paspor Indonesia kreasi baru, kreasi nan digunakan adalah 33 motif kain nusantara. Selain itu, terdapat pula motif-motif nan menunjukkan kekayaan unik daerah, seperti rumah tradisional.

"Kenapa kain nusantara? Kita banyak tidak tahu bahwa ada 5.849 motif kain dari Sabang sampai Merauke. Kenapa kita tidak ambil? Desain paspor Indonesia bisa juga menceritakan kekayaan nan dimiliki oleh Indonesia," terang Silmy, seperti dilansir Antara, Minggu (18/8).

Selengkapnya
Sumber Artikel Teknologi
Author  Intan Putri
Artikel Teknologi