Apa Saja Julukan Negara Indonesia yang Diberikan Dunia?

Sedang Trending   by: Joko Sanjaya 1 bulan yang lalu
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia merupakan salah satu negara berpengaruh di dunia.

Dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia, Indonesia punya posisi tawar nan cukup besar dalam pengambilan keputusan mengenai isu-isu bilateral, regional, dan isu-isu global.

Oleh lantaran itu, tak ayal jika Indonesia banyak diberi julukan unik oleh negara-negara di beragam bagian dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penasaran apa saja julukan Indonesia nan diberikan dunia? Baca ulasannya di bawah ini:

Zamrud Khatulistiwa

Salah satu julukan Indonesia nan sudah tidak asing lagi di telinga kita adalah Zamrud Khatulistiwa. Julukan ini diberikan bumi lantaran letak geografis Indonesia nan berada tepat di garis khatulistiwa.

Oleh lantaran itu, Indonesia menjadi negara nan terkena sinar mentari secara langsung dan terus menerus. Hal ini membikin suasana di Indonesia berjenis tropis, seperti dilansir dari Detik.

Negara Multikultural

Dilansir jurnal berjudul Multicultural Education In Indonesia: Characteristics And Urgency, Indonesia dijuluki sebagai Negara Multikultural. Sebab, Indonesia dikenal sebagai negara nan punya keragaman budaya nan tinggi.

Tercatat, Indonesia punya 300 golongan etnis dan 200 bahasa. Selain itu, Indonesia juga mengakui lima kepercayaan berbeda, ialah Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan Katolik. Semua keragaman ini berasosiasi padu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Paru-Paru Dunia

Indonesia juga diberi julukan Paru-Paru Dunia. Julukan ini diberikan lantaran Indonesia punya area rimba hujan tropis nan luas. Menurut World Resources Institute (WRI), sebagian populasi rimba hujan tropis di bumi tersebar di Indonesia.

Indonesia menempati ranking ke-3 sebagai negara dengan rimba hujan tropis terluas di bumi setelah Brasil dan Republik Demokratik Kongo nan masing-masing ada di ranking ke-1 dan ke-2.

Negeri Seribu Candi

Selain Zamrud Khatulistiwa, Negara Multikultural, dan Paru-Paru Dunia, Indonesia juga terkenal dengan julukan Negeri Seribu Candi. Julukan ini diberikan lantaran Indonesia punya banyak candi nan tersebar di seluruh pulau.

Dilansir laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia, Indonesia punya lebih dari 1000 candi nan tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Negeri Seribu Pulau

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentu punya deretan pulau nan banyak. Oleh lantaran itu, selain dijuluki Negeri Seribu Candi, Indonesia juga dijuluki Negeri Seribu Pulau.

Dilansir laman resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Indonesia sekarang mempunyai 17.504 pulau. Dari jumlah tersebut, ada tiga provinsi dengan jumlah pulau paling banyak. Tiga provinsi tersebut, ialah Provinsi Kepulauan Riau (2.408 pulau), Provinsi Papua Barat (1,945 pulau), dan Provinsi Maluku Utara (1,474 pulau).

Surga Dunia

Indonesia juga terkenal dengan julukan Heaven on Earth. Sebab, Indonesia dianggap sebagai negara nan punya daya pikat bakal keelokan alam dan keelokan destinasi wisatanya.

Bahkan, dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, pada 2022 lalu, Indonesia juga pernah dinobatkan sebagai negara terindah di dunia. Saat itu, Indonesia mengalahkan Selandia Baru dan Kolombia nan masing-masing ada di ranking ke-2 dan ke-3.

Negara Megabiodiversitas

Indonesia punya keanekaragaman hayati nan tinggi. Dilansir laman resmi Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), negeri ini punya keanekaragaman hayati terbesar ke-2 di dunia.

Tercatat, Indonesia punya 25% jenis dunia, 3.429 jenis ikan air laut, dan 39% jenis ikan karang. Oleh lantaran itu, Indonesia dijuluki Negara Megabiodiversitas.

(gas/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Artikel Internasional
Author  Joko Sanjaya
Artikel Internasional