Ambisi Kim Jong Un Tambah Kekuatan Senjata Nuklir Korea Utara

Sedang Trending   by: Nadia Fitriani 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Selasa, 10 Sep 2024 11:24 WIB

Kim Jong Un mau tambah senjata nuklir Korea Utara, hadapi ancaman AS dan sekutunya. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Foto: REUTERS/KCNA

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengatakan negaranya sekarang tengah membangun kekuatan untuk menambah jumlah senjata nuklir secara eksponensial.

Pada pidatonya dalam rangka peringatan hari berdirinya Korut pada 9 September, Kim mengatakan negara kudu menyiapkan keahlian nuklir dan menggunakannya dengan betul pada waktu tertentu, untuk menjamin keamanan negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kehadiran militer nan kuat diperlukan untuk menghadapi beragam ancaman nan ditimbulkan oleh Amerika Serikat dan para sekutunya," kata Kim, dikutip Straits Times.

Kim juga menyebut Korut sedang menghadapi ancaman serius dari blok militer berbasis nuklir, nan dipimpin AS di wilayah tersebut.

Pekan ini, Korea Selatan bakal mengadakan pertemuan menteri-menteri pertahanan dengan negara-negara personil Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Command/UNC).

UNC dipimpin oleh komando militer AS nan ditempatkan di Korea Selatan.

Agustus lalu, Jerman ikut berasosiasi dengan UNC di Korea Selatan untuk membantu menjaga perbatasan dan berkomitmen untuk memihak Korsel jika terjadi perang dengan Korut.

Menanggapi perihal ini, Korut mengkritik UNC sebagai "organisasi perang ilegal". Korut juga menyebut bergabungnya Jerman ke pasukan pemantau perbatasan PBB nan dipimpin AS itu sebagai sebuah tindakan nan bakal menambah ketegangan.

(dna)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber Artikel Internasional
Author  Nadia Fitriani
Artikel Internasional